Download Firmware SM-A326U dan Cara Flashing Samsung Galaxy A32 5G

Siapa yang tidak kenal Samsung, sebuah perusahaan teknologi yang selalu rajin merilis produk baru. Di awal tahun 2021 kemarin, vendor asal Korea Selatan tersebut merilis Samsung Galaxy A32 5G yang menggunakan model firmware SM-A326U.

Apa yang dimaksud dengan firmware? Ini adalah sejenis perangkat lunak yang ditanamkan pada hardware, contoh sederhananya touch screen. Dengan adanya firmware, ponsel pintar akan bekerja optimal dan sesuai dengan semestinya.

Sederhananya, firmware bertugas sebagai jembatan komunikasi antara software dengan hardware. Saking pentingnya fungsi ini, kamu harus selalu update jika ada pembaruan. Untuk update ini sendiri bisa dilakukan di menu pengaturan Samsung.

Sayangnya, tidak semua masalah dapat terselesaikan dengan update firmware. Beberapa kasus harus dilakukan flashing, yaitu instal ulang. Misalnya ketika HP terkena virus, malware, stuck logo, dan bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali.

Namun ingat, flashing hanya untuk memperbaiki software yang tertanam di dalam HP, bukan untuk hardware nya. Jadi sebelum melakukannya, pastikan bahwa HP tersebut tidak rusak pada bagian perangkat kerasnya.

Download Firmware SM-A326U

Syarat utama supaya flashing lancar yaitu mempunyai model firmware sesuai dengan versi bawaan HP. Firmware ini akan selalu diperbarui pengembang, jadi akan ada banyak file yang ditemukan. Pastikan kamu download versi terbarunya untuk mendapatkan fitur tambahan.

Untuk mendapatkannya, silahkan mengunjungi Samsung official firmware download atau situs yang menyediakannya. Salah satu situs yang dimaksud adalah di sini, berikut adalah link download dan sedikit spesifikasi pentingnya!

  • Model: SM-A326U
  • Versi: Android 12
  • Tanggal Rilis: 26-10-2022
  • Download: Di sini

Cara Flashing Samsung Galaxy A32 5G

Cara flashing Samsung Galaxy A32 5G tidak berbeda dengan HP merek dan tipe lain. Jika kamu pernah melakukan proses ini, pastinya bisa untuk semua HP lainnya. Namun apabila belum pernah melakukannya sama sekali, ada baiknya mengikuti tutorial dari kami.

Sebelumnya, silahkan disiapkan perangkat komputer yang di dalamnya sudah terinstal Odin Tools. Jangan lupa ekstrak firmware yang kamu download dari link diatas, kemudian ikuti langkah berikut!

  • Matikan ponsel terlebih dahulu.
  • Pastikan memiliki daya minimal 50% karena proses ini cukup banyak mengonsumsi daya.
  • Tekan tombol Volume Down + Home + Power.
  • Setelah masuk ke halaman Warning, tekan tombol volume up.
  • Sambungan HP ke PC, gunakan kabel data bawaan.
  • Buka Odin Tools.
  • Setelah perangkat terdeteksi, pindahkan firmware pada kolom yang tersedia.
  • Cek terlebih dahulu dan pastikan tidak ada yang salah, kemudian klik tombol Start.

Penutup

Bagaimana, apakah sudah paham mengenai cara flashing Samsung Galaxy A32 5G yang dijelaskan diatas? Sebenarnya cara ini sangat mudah, intinya hanya memiliki firmware SM-A326U, perangkat komputer, Odin Tools, dan kabel data bawaan Samsung.

Related posts